Senin, 21 November 2011

mekanisme kerja hormon eneticrone dan androgen

Hormon Androgen:
Hormon ini berfungsi untuk -Merangsang dorongan seksual.-Merangsang pembentukan otot, tulang, kulit, organ seksual dan sel darahmerah.Hormon ini cukup berpengaruh pada penampilan kulit dan pertumbuhan rambut, yaitu dengan menstimulasi akar rambut dan kelenjar sebum (kelenjar minyak) yang terletak di bagian atas akar rambut.
  Kelenjar sebum menghasilkan sekresi lemak atau minyak yang berfungsi melumasi rambut dan kulit. Tetapi bila berlebihan minyak ini akanmemicu tumbunya akne atau jerawat, sehingga mengganggu keindahan penampilan kulit. Gangguan kelenjar sebum juga bisa mengakibatkan alopesiaandrogenika (kebotakan), terutama pada pria. Sebaliknya pada wanita,ketidakseimbangan hormon Androgen (hormonal imbalance) bisamenyebabkan hirsutisme di mana rambut tumbuh berlebihan di daerah-daerahyang tidak semestinya.Aktivitas kelenjar sebum sangat dipengaruhi hormon androgen. Kerjakelenjar ini memuncak pada saat seseorang mencapai masa pubertas. Semakintinggi tingkat kerjanya, semakin banyak pula sekresi yang dihasilkan kelenjar ini. Sekresi kelenjar sebum pada pria lebih tinggi secara signifikan ketimbang pada wanita. Tak heran kulit wajah pria tampak lebih berminyak dibandingwanita. Efek kerja kelenjar sebum mulai berkurang pada wanita sesaat menjelang menopouse.
Hiper-androgen pada wanita dengan ciri-ciri aktivitas hormon androgenmelebihi normal ternyata merupakan masalah yang cukup umum terjadiwalaupun belum diketahui penyebabnya dan mempengaruhi 10-20% wanitausia reproduktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar